Jumat, 28 Mei 2010

**Masuk Pesantren**



**Masuk Pesantren**

Usaha gw untuk membuat dirisendiri sibuk lumayan berhasil, gw ngikutin semua kegiatan yg ada di kampus, walaupun sebernya gw ga tau gw bisa ato ga di bidang yg gw urus itu..tapi gw ga akan menyerah, HArus ada yg pertama bukan???
Gw di ajak sama temen untuk jdi panitia baksos di sebuah pesantren di Alahan panjang kira-kira 70 km dari padang, gw di tunjuk buat jadi pemateri dalam bidang Kepenulisan,
Busedd gw aja blum bener nulis, skrg malah disuru buat cuap.cuap ttg tulisan..dengan modal nekat gw ttp ikud serta jadi panitia.
Jumat sore udah siap.siap untuk brangkat, tapi malang bagi gw, Dikarnakan berad gw yg “berlebih”  semua nya pada takut gw ikut dlm mobil yg udah sempit, karna jalan yg bakal di tempuh itu mendaki bukit..
Ok, gw pake motor aja. Gw di boceng oleh abg-abg Homo sesama pecinta Raditya dika, dia adalah saingan terberad gw untk dapetin bg radith..:P
Ternyata tempatnya diluar batas perkiraan gw, tempatnya super dingin, mungkin karna berada di atas bukit dan banyak kebun teh disitu serta di apit oleh 2 danau dan byk yg jualan markisah…(???)
Kami di sambut dengan sangat ramah, di antar ke asrama santriah, slese sholat isya tiba tiba aja adek2 datang, nyapa, n salam yg pake cium tangan*gw benar benar ngerasa udah tua…
meraka ngenalin diri dan nanya2 ttg gw..ramah bgt lah pokoknya..daaaaan kami di beri makanan..
dilanjutkan dengan rapat dengan cuaca yg sangat dingin..sumpah tu tempat DINGIN BGT!!...
Suasana rapat di selingi dgn gw nemplok kesana n kesini mencari secuil kehangatan..*tsaah
Slese rapat kra2 jam 1, meminimalisir suhu dingin kami tidur bedua-bedua, esok paginya ga ada yg kebangun untuk solat subuh..maluu bgt sama adek2 di sana  jm steng 7 bru bgun…ckckck *jgn di tiru
Kerja di mulai, pagi-pagi kami udah pada cantik-cantik dan wangi, lengkap dengan jilbab dan rok panjang..gw yakin ga ada yg tau kalo kami ini BLOM MANDI..wkkwkwk
Tugas gw memberikan materi ttg Creative writing, gw cuap cuap di depan kelas n sdikit sok tau..dan semua rencana berjalan dengan lancer…dilanjutkan pegi kedanau di sekitar pesantren
ITS TIME to NARSIS..foto di sini…foto disana..foto sambil bengong..foto tampang sok polos..foto di alang-alang bak gadis desa..sampe-sampe ada yg foto prawed..hohoho
Semua org pada semangat untuk berfoto..*yeah bisa dilihat dari byknya foto yg di dapet selama perjalanan..
Hal hal menarik yg gw dapet selama si sana:
1.       Disana lagi hangat-hangat nya isu ttg adanya seorng anak perempuan yg bunuh diri di danau atas, penyebab nya dia hamil di luar nikah, cwoknya ga bertanggung jawab dan org tuanya ngusir dia dari ruma..despresi , dia nyebur ke  danau *tragiss
Dan kabarnya sebelum mayat nya di temuin cuaca di sekitar jelek bgt, angin kenjang dan hujan-hujan…*ya ampuun smoga dia tenang disana

2.       Gw knal dengan slah satu anak pesantren di sana yang masih kelas 1 mtsn (1 esempe).  Namanya INDRA, Wajahnya sekilas seperti anak esde kelas 1 dan menggunakan kacamata. Waktu dia masuk kelas gw kira dia nyasar ato Cuma pngen ikut-ikut aja, tapi ternyata dia penulis yg keren, sekecil itu tulisannya udah dimuat di Koran SINGGALANG….*kami semua kalah dengan terhormat
Waktu gw kasi tugas bikin sebuah tulisan, dia memilih topic ttg kerjasama, kebersihan lingkungan dan saling tolong-menolong *gilaaa gw aja ga ada mikir ttg begituan

3.       Di sore hari yang sgt dingiiiinn…terjadi pertandingan bola mendadak, antara 3 org mahasiswa dewasa melawan beberapa anak kecil…anda tau hasilnyaa???
Mereka kalah..iyaa, dikalahkan dengan sukses oleh bocah-bocah kecil di situ…percuma gw triak triak plus goyangan india buat ngasih semangat.ckckck

4.       Terjadi beberapa percakapan yg menusuk hati
Adek2 pstrn 1:  ”kakak tdi ga sholat subuh ya?? Gimana mau dapet suami sholeh kak??”
Lope: ”hehe iyaa kak kecapean” *malu eii
Adek2 pstrn 2: “kakak punya pacar??”
Lope:”hehe ga dek, ga ada yg mau sma kkak, kkaj jelk n crewet sih”
Adek psntren 2: “siapa bilang kkak jelek?? Kakak cantik kok, maniss,, lucu pula”
Lope: “hehehee maksii dek, tapi byk yg bilang keg gituuu..”
Adek2 pstren : “berarti mereka bohong tu kak, ga mungkin kka keg gini di bilang jelek”
Lope: “ huaaa makasi byk adek.adek” * gw langsung dapet pencerahan
Adek2 psntren 3: “kaka bisa masak gulai?”
Lope: “ kalo masak nasi n air kka bisa dek”
Adek2 psbtren 3: “ kalo gulai??”
Lope: “hihi ga bisa” *nyegir polos
Adek2 psbtren 3: “ gimana ntar kalo kka punya suami, kan malu ga bisa masak gulai”
Lope: “kan bisa di belii” *ngeyel
Adek2 psbtren 3: “ tapi kan suami kkak maunya msakan kkak” *dia ngotot
Lope: “ iyaa deh tar kka blajr masak guleii..hehehe” *pasrah

Sebelumnya gw beranjak dari masjid gw ga ketinggalan minta doain..
Lope: “jangan lupa doain kka ya dek, smoga kuliah nya lancer, cepet tamat, dapet kerja, bahagiain keluarga”
Adek2 semuanya:  “amiinnnnn” sekalian kak “ smoga dapet suami yg baek, pinter, sholeh, ganteng, syng sma kk”
Lope “AMIIIIINNNNNNNN” suara gw menggelegar *wkwkwkwk
TERIMAKASIH BANYAK BANYAK BANYAK ADEK ADEK KU….


5.       Gw dapet beberapa pelajaran penting dari santriah di sana, untuk selalu bersyukur, jalani apa yg ada, jangan ngeluh, terus berusaha dan hidup lebih RAPI N BERSIH…ga ada hidup yg sempurna, terus berusaha dan semangat.. *yeah J
keseharian mereka yang apabila gw yg ngadepin gw bisa mati tegang karna bosan,
 No Hape, No tipi, No Laptop, No film, No komik, No pegi jalan, No internet, No orang tua, No deket sma makluk sadis bernama Cwok, dan beberapa peraturan-peraturan yg ditetapkan untuk tinggal di pesantren, tapi  mereka ga mikirin ttg hal sepele diatas n ngejalaninya tampa beban dan tetap Ceria malahn rasa kekluargaan mereka patut di acungi JEMPOL..*salut

6.       Waktu kami mmg harus pulang lagi kepadang, adek adek disana menagis..bayangkan MEREKA MENANGIS..sejak kapan org keg gw ditangisin..ponakan-ponakan gw aja stiap gw brangkat mreka juga nangis, tapi nagis BAHAGIA karna jatah makan mreka ga di ambil gw lagi, n ga brantem rebutan remote tipi..
Tapi ini adek2 yg bru di kenal beberapa hari menitikan air mata untk gw..
Rasa nya sgt sensasional, gw ga bole ikut2 terharu, karna diliat dri sifat gw yg cengeng bisa-bisa mlah mereka yg bujuk gw supaya diam ntar..
Gw ajak mreka becanda2 ajaa, ngelap airmatanya sambil bilang “tenang lah adek adek kaka pasti kan kembali lagi kesini..kk ga akan lupa sama kalian..kaka janji kan hidup lebih baek..kaka akan kangen sama kalian semua dan makan disini” wkwkwk..*luph u all

6 komentar:

  1. kita kesana lagi ntar pe...:)

    BalasHapus
  2. bulan ini kita ke sana lagi yuk :)

    BalasHapus
  3. ikudddd abggggg :D
    wew bukanya abg ke jogja ya??
    ttip salam buat "ehem" lvy yg ada di jogja ya bg...

    BalasHapus
  4. ucapkan :

    terima kasih telah mengingatkan saya akan pesantren itu lagi...

    BalasHapus
  5. lopeee........ update lagi dunk, :)

    BalasHapus
  6. @bg eri: OKE bg:P

    @cihud: susahh di mna mau ngetik nya..
    ckckckc *kere

    BalasHapus